Tentang

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Selamat datang di Website Penganekaragaman Pangan

Salam Pangan Lokal !!!!!

Sehat Dengan Pangan Lokal

Penganekaragaman pangan penting dilakukan, selain untuk mengurangi ketergantungan pada beras, juga untuk menggali potensi-potensi pangan lain yang menjadi kekayaan sumber hayati kita. Berbagai potensi pangan dan kearifan lokal yang kita miliki ini menjadi modal yang luar biasa dalam menjamin ketersediaan pangan bangsa secara mandiri. Namun, penganekaragaman pangan memang seharusnya tidak bertujuan semata-mata pada upaya mengganti beras. Penganekaragaman pangan hendaknya bertujuan untuk menyediakan pilihan bagi individu untuk bisa mengembangkan menu yang lebih beragam, termasuk sumber protein (ikan, telur, daging, dll) dan sumber vitamin dan mineral (buahan dan sayuran).

Penganekaragaman konsumsi pangan akan memberi dorongan dan insentif pada penyediaan produk pangan dan keseimbangan gizi. Oleh karena itu upaya mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan dilakukan secara terkoordinasi dan digerakkan secara massal melalui kerja sama sinergis antara pemerintah pusat dan daerah.

Dengan meningkatnya kasus kelaparan dan masalah gizi, hal ini mencerminkan bahwa ketahanan pangan masyarakat belum terwujud. Masalah ketahanan pangan tidak hanya sekedar dapat memproduksi pangan saja atau masalah ketersediaan dan distribusi pangan, tetapi bagaimana kemudian pangan tersebut dapat dikonsumsi dengan baik oleh masyarakat pada jumlah, kualitas dan waktu yang tepat. Berbagai program telah dilaksanakan untuk penanganan masalah pangan dan gizi, misalnya dengan program penanganan daerah stunting (yang merupakan program strategis nasional) dan penanganan daerah rentan rawan pangan melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL) serta Sosialisasi dan Promosi Penganekaragaman Pangan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, situs web Penganekaragaman Pangan dijadikan sumber data dan informasi yang berwawasan intelektual untuk memberikan kontribusi positif dalam mendidik masyarakat untuk membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman untuk hidup sehat, aktif, dan produktif melalui konsep penganekaragaman pangan.

Kami harapkan saran dan masukan sehingga penyajian data dan informasi di Website penganekaragaman pangan dapat sesuai dengan kebutuhan kita semua baik tingkat pusat, instansi daerah maupun masyarakat.